Connect with us

Pendidikan

Ulama Pejuang Laskar HIZBULLAH di Subang?

Masyarakat Sunda biasa memanggilnya Mama Pagelaran. Tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama, ulama ini pun turut serta dalam kancah perjuangan melawan penjajah. Beliaulah KH Muhyiddin.

Pendiri delapan pesantren itu mulai berjuang sejak zaman penjajahan Belanda di Tanah Air. Sepanjang hayatnya, beliau ikut berkiprah dalam merintis, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Adapun lembaga-lembaga pendidikan yang didirikannya tersebar di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Barat, termasuk Subang, Purwakarta, dan Sumedang.

Pondok Pesantren (Ponpes) Pagelaran III di Subang, Jawa Barat, merupakan salah satu pesantren tua dan bersejarah. Pesantren yang didirikan oleh KH Muhyidin atau biasa disapa Mama Pagelaran ini punya peran sejarah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Keberadaan Pesantren Pagelaran sempat merangkap jadi Markas Laskar Hizbullah, yang mengobarkan perang melawan tentara penjajah Belanda. Saat itu, Mama Pagelaran (KH Muhyidin) merupakan anggota Laskar Hizbullah. Beliau menjadikan pesantrennya sebagai markas dan basis perlawanan terhadap Belanda.