Connect with us

Bogor Raya

Pernyataan Sikap FKUIB Dalam Aksi Akbar Bogor Raya Bela Palestina

PERNYATAAN SIKAP Forum Komunikasi Umat Islam Bersatu

PADA AKSI BELA PALESTINA

Pembantaian dan Genosida Palestina, Harus dihentikan, saat nya umat Islam bersatu dan kembali pada Islam.

Palestina, terutama Gaza sudah lebih dari 7 bulan di bombardier, diserang dan pembantaian terus terjadi sejak 7 oktober silam, kekejaman dan kejahatan Zionis semakin merajalela telah menyebabkan syahid lebih dari 35 ribu jiwa dan ratusan ribu lainnya cedera serta jutaan lainnya terlunta-lunta. Tiada satupun negeri muslim, yang membela mereka kecuali dengan sebatas kecaman dan himbauan.

Sudah cukup bagaimana kita menggambarkan pembantaian dan genosida yang terjadi yang mampu kita indra, dilihat melalui layar kaca. Demontrasi terjadi di mana-mana, namun tak kunjung reda dan selesai permasalahan.

Kaum muslimin palestina menderita, dan kita sebagai sesama muslim seharusnya dan selayaknya bisa membantu mereka. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hujurat ayat 10:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ ….

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, ……
Dalam sebuah hadits yang dinukil dari buku Sunan At-Tirmidzi oleh Muhammad bin Isa bin Saurah (Imam at-Tirmidzi) dituliskan, dari Qutaibah, dari Abu Awanah, dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia mengutip perkataan Rasulullah SAW yang bersabda,

١٤٢٥ – (صَحِيحٌ) حَدَّثَنَا فَتَيَبةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: ((مَنْ نَفْسَ عَنْ مُؤْمِن كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الْآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ سَتَرَهُ اللهُ في الدُّنْيَا وَالْآخِرَة وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ)).

Artinya: “Barangsiapa menghilangkan satu kesulitan dari seorang mukmin ketika di dunia, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesulitan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi keburukan seorang muslim, Allah akan menutupi keburukannya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya.” (HR Muslim)

Dari Abu Musa RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Seorang mukmin dengan mukmin yang lain bagai sebuah bangunan yang sebagiannya mengokohkan sebagian yang lain.” (HR Bukhari)

Rasulullah SAW juga mengumpamakan bahwa sesama muslim itu bagaikan satu tubuh yang bisa merasakan satu sama lain, apalagi ketika salah satunya ada yang merasa kesulitan.

Dari An-Nu’man bin Basyir RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan kaum mukmin dalam saling cinta, saling mengasihani, dan belas kasih mereka bagaikan satu jasad. Apabila satu anggotanya sakit maka seluruh tubuh akan merasakan tidak bisa tidur dan demam.” (HR Muslim)

Itulah sikap yang seharusnya ada pada kita. Dan sepanjang sejarahnya Islam dan kaum muslimin terjaga dengan adanya kekhilafahan. Kholifah adalah junnah atau perisai dan itulah yang dilakukan oleh para kholifah kaum muslimin.

Kisah Al-Mu’tashim Billah (793-842 M) membela kehormatan seorang budak Muslimah termasuk di antara kisah yang masyhur pada masa kekhalifahan terdahulu.

Dikisahkan, pada Tahun 837 Masehi, ada seorang budak muslimah yang dilecehkan oleh kaum Romawi. Perempuan ini merupakan keturunan Bani Hasyim. Wanita muslimah itu berteriak memanggil nama Khalifah Al-Mu’tashim billah dengan kalimat yang legendaris: “Waa Mu’tashimaah!” yang artinya “Di mana engkau wahai Mu’tashim Billah”. Kabar ini lantas tersebar dan sampai ke telinga Al-Mu’tashim. Hal ini membuat sang khalifah menerjunkan puluhan ribu pasukannya untuk menyerbu Ammuriah. Pasukan muslim berhasil membebaskan kota tersebut dari tangan Romawi. Sebanyak 30 ribu tentara Romawi terbunuh dan 30 ribu lainnya dijadikan tawanan. Demikian pulalah seharusnya Solusi atas kaum muslimin Palestina,

Solusi yang hakiki atas Palestina adalah dengan Jihad fi sabilillah yang dipimpin oleh pemimpin sebagaimana karakter Umar Bin Khaththab ra dan Sholahuddin al Ayyubi, barulah Baitul Maqdis bisa di bebaskan. Dan mereka sekali lagi memimpin pasukan kaum muslimin yang Bersatu dalam khilafah Islamiyah.

Maka wajar bagi kita kaum muslimin seharusnya peristiwa Palestina bahkan semakin meyakinkan untuk Bersatu dan berjuang demi tegaknya Khilafah Islamiyah yang akan mengirimkan pasukan untuk berjihad membebaskan Baitul maqdis.

Islam telah memberikan solusi kebaikan yang dibawa oleh Sayyidinal Mustofa Muhammad saw, yang diteruskan oleh para sahabatnya dan diteruskan oleh kaum muslimin selama berabad-abad, yakni penerapan syariat islam secara kaffah dalam bingkai Khilafah Islamiyah. Sejarah telah mencatat keberkahan dan kebaikan Sistem Islam ini. Rahmatan lil alamiin. Khilafah adalah ajaran Islam sebagaimana telah di jelaskan oleh para ulama ahlus sunnah wal jamaah.

Dengan melihat kondisi tersebut dan dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Kaum Muslimin adalah bersaudara dan laksana satu tubuh yang saling merasakan ketika salah satunya sakit.
  2. Islam anti penjajah dan penjajahan. Maka pendudukan zionis atas kaum muslimin di Palestina harus diselesaikan dengan tuntas.

Maka Forum Komunikasi Umat Islam Bersatu, sebagai bentuk ihtimam kami terhadap umat, menyerukan:

  1. Pembantaian dan genosida di Palestina Khususnya Gaza, harus dihentikan.
  2. Bahwa Solusi hakiki terhadap Pembantaian dan genosida zionis adalah dengan persatuan umat dan jihad fii sabilillah
  3. Kepada tantara kaum muslimin untuk membantu dan menolong kaum muslimin di Gaza-Palestina. Menghentikan genosida dan membebaskan Palestina, sebagaimana yang dilakukan oleh Sholahudin Al ayubi.
  4. Kepada seluruh umat untuk kembali kepada Islam secara kaffah, sehingga tercipta rahmatan lil alamiin

 

Wa maa nashru illa min ‘indillahi ‘azza wa jalla, Billahit Taufiq wal Hidayah, wa Ridho wal Inayah Ihdinashiraathal Mustaqiim,

 

Kami, Forum Komunikasi Umat Islam Bogor

Dalam Aksi Bela Palestina.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =