Connect with us

Pendidikan

Perempuan Salah Kaprah dalam Berkiprah

|Oleh: Riyanti Lestari [Pemerhati Umat]

Di era modern saat ini, perempuan khususnya muslimah tak jarang menganut paham kesetaraan gender yaitu persamaan hak antara laki-laki dan perempuan tanpa adanya diskriminasi.

Menurut paham ini, perempuan hebat adalah perempuan yang berkarir di luar rumah, yang bisa bersaing dengan laki-laki bahkan melebihinya. Apapun yang dilakukan laki-laki harus bisa dilakukan oleh perempuan.

Kaum perempuan yang terbius dengan ide ini akan bangga ketika menjabat sebagai wanita karir yang sibuk di luar rumah. Dan sebaliknya, perempuan yang memilih menjadi ibu rumah tangga dianggap kuno dan tidak memiliki prestise di tengah masyarakat.

Allah menciptakan laki-laki dan perempuan hakikatnya adalah sama-sama sebagai hamba Allah yang diberi kewajiban untuk tunduk dan beribadah kepada Allah swt. Namun, Allah swt juga menentukan kadar masing-masing. Allah swt menciptakan laki-laki untuk menjadi pemimpin bagi perempuan, sedangkan Allah swt menciptakan perempuan untuk menjadi pendidik dan pembimbing bagi tumbuh kembang anak-anaknya sekaligus mengurus rumah tangga.

Ibu yang mengurus rumah tangga dan anak-anaknya dan mendidiknya akan diganjar pahala yang sangat luar biasa dan bahkan seorang ibu sangat dimuliakan oleh Rasulullah saw.

Islam tidaklah melarang seorang perempuan dalam menuntut ilmu dan berkiprah. Terlebih lagi ilmunya bisa memberikan manfaat bagi banyak orang selama semua tidak keluar dari hukum syara’.

Seperti kisah Maryam Al Asturlabi. Ia adalah seorang astronomi muslimah dan astrolab yang canggih. Astrolab merupakan penemuan yang dihargai dalam Islam karena kemampuannya untuk menentukan waktu shalat dan juga dipakai sebagai bantuan dalam menemukan arah ke Makkah (penentuan kiblat).

Hal itu berarti perempuan tidak dilarang berkiprah dan menuntut ilmu selama tidak melanggar hukum syara’ dan tidak melupakan tugas utamanya sebagai ibu bagi anak-anaknya, istri bagi suaminya dan anak bagi orangtuanya.

Wallahu a’lam bish showwab.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =