Connect with us

Bogor Raya

Warga Bogor Rayakan Idul Fitri Berdasarkan Rukyat Global

TAMANSARI [brid]. Tidak kurang 500 orang warga Tamansari, Ciomas dan Cikaret berbondong-bondong melaksanakan sholat idul fitri berjama’ah di Kotabatu (1/5). Jama’ah mengaku melaksanakan sholat Id setelah memperoleh informasi hasil pengamatan hilal (rukyat) secara global, yang telah membuktikan secara nyata terlihatnya hilal syar’i di sejumlah wilayah, di antaranya di Mali, Afghanistan dan Nigeria.

Hadir sebagai Imam Sholat Id Ustadz Almenis Yanto dan Khatib Ustadz Boni Salehuddin. Tepat jam 07 pagi, Ustadz Almenis memimpin jam’ah menunaikan dua raka’at sholat Id.

Dalam khutbahnya, Ust Boni memaparkan bahwa¬†Allah telah mensyariatkan puasa Ramadhan agar kita bertakwa. “Para ulama telah menjelaskan makna takwa,” ujarnya.

“Seperti yang dinyatakan oleh Imam an-Nawawi di dalam Syarh Shahih Muslim, takwa adalah melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Perintah dan larangan Allah itu termaktub di dalam al-Quran dan as-Sunnah. Itulah akidah dan syariah. Dengan ungkapan lain, takwa adalah mentaati dan menjalankan syariah atas dasar akidah Islam,” lanjut Sang Khatib dengan penuh ketegasan.

Dalam kesempatan mulia itu pun, Khatib memaparkan tentang permasalahan yang terus mendera umat. Untuk terlepas dari berbagai permasalahan tersebut, Khatib mengingatkan agar kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah.

“Wahai kaum Muslim, kita harus segera memperbaiki kondisi kehidupan yang salah arah dan menuju arah yang salah, yang berjalan selama ini. Kita harus segera mengubahnya menjadi pengaturan kehidupan yang benar arahnya dan menuju arah yang benar. Hal itu tidak lain dengan segera kita kembali pada petunjuk Allah, kembali pada alQuran dan as-Sunnah,” pungkasnya.

Di penghujung kegiatan sholat id, jama’ah saling memohonkan maaf atas kekhilafan dan kesalahan yang pernah dilakukan. [MBRK]