Connect with us

Bogor Raya

Ribuan Warga Bogor Sholat Id di Ponpes Al IhsanBaron

Tidak kurang seribu Umat Islam Bogor Barat dan sekitarnya hadiri sholat Idul Fitri 1440 H di Ponpes Al-Ihsan Baron Cijahe Bogor Barat, pada hari Selasa (4/6).

Acara ini diselenggarakan pihak Ponpes berdasarkan hasil rukyat global yang menyatakan bahwa hilal telah terlihat di beberapa belahan dunia.

Bertindak sebagai khotib Kyai Arif B. Iskandar S.S sebagai pembina Yayasan An Nahdhoh Al- Islamiyah Bogor, adapun Imam dipimpin oleh Ust Yusup, S. E. I sebagai Mudir Ponpes Al- Ihsan Baron Bogor.

“Idul Fitri yang dirayakan umat islam saat ini masih dirundung oleh berbagai ujian baik berupa persaingan dan perselisihan kekuasaaan, Nasib rakyat yang makin terlupakan, terpolarisasinya rakyat akibat “pesta Demokrasi” yang diwarnai kecurangan dan terjadinya tragedi kematian petugas pemilu, juga kerusuhan,” papar Khotib.

Khatib pun mengingatkan tentang makna taqwa. Menurutnya, taqwa memiliki empat unsur yaitu:

Pertama, Al Khawf min jalil, yakni memiliki rasa takut kepada Alloh SWT.

Kedua, Al-‘Amal bi al-Tanzil, yakni mengamalkan seluruh isi Al-Quran dengan melaksanakan dan menjalankan syariatnya dengan kaffah yang hanya bisa diwujudkan melalui sistem pemerintahan yang para ulama menyebut Khilafah ar-Rasyidah.

Ketiga, Al-Qana’ah bi al-qolil, yakni merasa puas/Ridho dengan karunia yang sedikit sehingga melahirkan sifat wara’.

Keempat Isti’dad[an] li yawm ar –rahil, Yakni menyiapkan bekal untuk hari akhir.

“Ketakwaan kolektif hanya mungkin diwujudkan dalam institusi Negara yang menerapkan syariah Islam secara kaffah, institusi itu tidak lain adalah khilafah ala minhaj an-nubuwah yang pernah dipraktikkan secara nyata oleh Khulafaur Rasyidin dulu,” pungkas Khatib. [rid]