Connect with us

Majelis Taqorrub

Ramadhan Bulan Al Qur’an

|Oleh: Ummu Najma Althafunnisa
(Ibu Rumah Tangga Peduli Umat

Alquran adalah kitab suci yang mulia. Di dalamnya terdapat pelajaran, larangan, peringantan, ilmu dan aturan yang wajib diimani dan diamalkan oleh manusia.

Alquran dibawa oleh malaikat Jibril (utusan yang mulia). Lalu disampaikan kepada Rasulullah yang juga mulia, di bulan yang paling mulia. Para pengembannya akan mendapat kemuliaan dan keberkahan.

Allah Swt berfirman,

اِنَّهٗ لَقَوْلُ رَسُوْلٍ كَرِيْمٍ

“Sesungguhnya (Alquran) itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril).”
(QS. At-Takwir: 19)

Siapa saja yang berpegang teguh pada Alquran, maka akan dilapangkan kehidupan di dunia maupun di akhirat. Alquran jika diamalkan maka akan menjadi penolong dan petunjuk hidup. Bahkan kelak di yaumil akhir, Alquran akan mengiringi langkah para pengembannya menuju jannah Allah. Sebaliknya, jika Alquran ditinggalkan, akan mendorong manusia ke lembah jahanam.

Salah satu momen kebahagiaan di bulan Ramadhan adalah turunnya ayat-ayat Alquran yang mulia. Biasanya diperingatinya sebagai malam Nuzulul Quran.

Kesucian Alquran tidak bisa ditandingi, dirusak dan diganti. Tak seorang manusia pun bisa membuat semisal dengan Alquran. Sebagaimana kafir Quraish pernah ditantang untuk itu.

Allah Swt berfirman,

وَاِنْ کُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّنْ مِّثْلِهٖ ۖ وَادْعُوْا شُهَدَآءَكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

“Dan jika kamu meragukan (Alquran) yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah jika kamu orang-orang yang benar.”
(QS. Al-Baqarah: 23)

Allah Swt akan menjaga keaslian dan kesucian Alquran hingga hari kiamat. Walaupun para munafikun berusaha merusaknya. Bahkan ada sekelompok orang yang berkata bahwa Alquran sudah tidak relevan untuk zaman sekarang.

Mulailah menjaga Alquran. Pelajari cara membacanya, maknanya, juga menghafalnya. Lalu amalkan dan dakwahkan di setiap aktivitas. Agar kemuliaan Alquran selalu menjadi jalan manusia menuju ridha Allah Swt.

Wallahu’alam bish-shawab.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 17 =