Connect with us

Majelis Taqorrub

Ramadhan Pintu Taubat

|Oleh: Laila Masruroh

Bulan Ramadhan merupakan peluang emas untuk bertaubat kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Dan siapapun yang bersungguh-sungguh berpuasa di bulan ini, maka Allah Subhanahu Wata’ala berkenan mengampuni dosa-dosanya. Ibarat kata seperti baru di lahirkan dari rahim ibunya, sebagaimana di ketahui bahwa setiap bayi yang baru di lahirkan dari rahim ibunya maka dia dalam keadaan suci, bersih dari dosa dan noda seperti kertas putih.

Imam Ahmad Rahimahullah meriwayatkan bahwa, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam bersabda :

إِِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ فَرَضَ اللَّهُ صِيَامَهُ وَإِنِّي سَنَنْتُ لِلْمُسلِمِيْنَ قِيَامَهُ فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِعيمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنَْ الذُّنُوبْ كَيَوْم وَلَدَتْهُ أُمُّه

“Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan dimana Allah mewajibkan puasanya, dan sesungguhnya aku menyunnahkan qiyamnya untuk orang-orang Islam. Maka barang siapa berpuasa Ramadhan dan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka ia (pasti) keluar dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari ia dilahirkan oleh ibunya. (HR : Ahmad, Ibnu Majah. Al Bazzar, Abu Ya’la dan Abu Hurairah.)

Maka dari itu mari, gunakan kesempatan emas ini untuk bertaubat sebab tidak ada seorang pun diantara ummat akhir zaman ini yang luput dari kesalahan. Setiap hari, setiap saat ada saja dosa dan kesalahan yang di kerjakan secara sadar ataupun tidak. Maka dari itu, alangkah baiknya di bulan pengampunan ini digunakan untuk berburu ampunan Allah Subhanahu Wata’ala.

Coba renungkan seruan Allah pada hamba-hambanya dalam sebuah hadits qudsynya, Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ

“Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di siang dan malam hari, dan Aku akan mengampuni seluruh dosa, maka minta ampunlah kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni dosa-dosa kalian” (HR. Muslim).

Sahabat, Allah Subhanahu Wata’ala menyuruh hamba-hambanya dan Allah menegaskan bahwasanya ummatnya tak luput dari dosa dan kesalahan baik siang maupun malam. Sedangkan Allah berjanji untuk mengampuni dosa-dosa bagi siapa yang mengharap, maka Allah pun menyerukan “فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ” (minta ampunlah kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni dosa-dosa kalian).

Wallahu a’lam Bishowwab.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =